Bulan Sabit Merah Indonesia

Untuk Kemanusiaan dan Perdamaian

Sinergi dan Koordinasi Kemkes RI – BSMI

GambarBSMI.OR.ID – (Jakarta) Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) terus menjaga hubungan baik dengan Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI dengan rutin berkoordinasi dan melaporkan kegiatan dalam bentuk audiensi pada Kamis (27/12).

Bertandang ke Ke Kemkea RI, BSMI disambut oleh Wamenkes  Prof. Dr. Ali Ghufron, PhD beserta staf. Hadir delegasi BSMI yaitu Pembina BSMI Dr Basuki Supartono, SPOT,FICS,MARS, Dewan Pengurus Nasional BSMI yaitu Muhamad Djazuli,MSi , M.Rudi dan Dr Prita,SPOG, dan tenaga ahli BSMI dr Fuadi, SPKJ juga K0ordinator Program Syekh AQ.

BSMI mengucapkan terimakasih atas penerimaan Kemkes hubungan baik yang terus terjaga dan melaporkan berbagai kegiatan seperti misi kemanusiaan Palestina, Rohingya-Myanmar, RSU BSMI di Aceh, program Kesehatan Ibu dan Anak.  Wamenkes mengapresiasi BSMI atas kiprahnya dan mempersilakan dukungan yang bisa diberikan oleh Kemkes. ” Banyak sekali kegiatan BSMI” ujar Prof Ghufron yang juga Guru besar UGM.

BSMI.OR.ID (Jakarta) BSMI sebagai stakeholder pemberi layanan kesehatan masyarakat memberi masukan kepada Wamenkes RI tentang celah Program Jaminan Kesehatan yang marak di terapkan di daerah-daerah.

Pada Kamis (29/12) dalam suasana hangat bersama Prof Dr Ali Ghufron,PhD BSMI menjelaskan hadirnya RSU BSMI di Aceh 2005 pasca tsunami memberi effort kepada masyarakat dan usaha pelayanan kesehatan bersinergi mensukseskan pembangunan kesehatan di Aceh. Adanya Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) memiliki dampak pelayanan yang diberikan oleh RS-RS Swasta.

Seluruh warga yang mendapatkan Jaminan Kesehatan dan berobat gratis di RS yang ditunjuk, memanfaatkan Layanan tersebut namun tetap membayar uang lebih untuk mendapat fasilitas kelas pelayanan yang lebih tinggi yang sejatinya mendapat kartu Jamkes adalah masyarakat tidak mengeluarkan biaya. ” kami mengusulkan RS yang ditunjuk Jamkes tidak ada kelas-kelas layanan, karena pengalaman kami warga yang mampu membayar lebih, bisa pindah naik ke VVIP yang seharusnya hanya kelas III” ujar Dr Basuki, sebagai Delegasi BSMI sat beraudiensi.

Wamenkes mengamini bahwa adanya Jamkes adalah masyarakat seharusnya gratis, adanya kejadian tersebut tujuan Jamkes menjadi kurang efektif. ” Saya sering menyampaikan kepada umum, cost sharing memang perlu ditekankan, sehingga tidak ada  penyalahgunaan yang berimbas kepada kerugian satu pihak, kejadian ini sama seperti di Malaysia dan negara lain yang perlu pembenahan jaminan kesehatannya”  pungkas Prof Ghufron. BSMI berharap usulan tersebut menjadi perhatian disaat penerapan BPJS belum efektif berjalan. 

BSMI.OR.ID – (Jakarta) Pasca keberangkatan tim pertama BSMI ke Gaza dan jelang keberangkatan rombongan BSMI berikutnya, Delegasi BSMI melaporkan dan memohon restu kepada Prof Dr Ali Ghufron sebagai Wamenkes RI, Kamis (27/12).

BSMI menjelaskan bahwa keberangkatan relawan ke Gaza-Palestina pasca tim pertama adalah pelatihan stem cell dengan metode workshop dan lecturing. ” awalnya  ditahun 2009 kami diminta pelatihan teknologi stemcell, karena waktu dan persiapan. akhirnya kini kami siap berangkat ke Gaza melatih stem cell dengan workshop dan lecturing ke local staff Shifa Hospital di sana” ungkap dr Basuki, SpOT sebagai pembina BSMI saat bertemu muka dengan Wamenkes.Gambar

Wamenkes mengapresiasi rencana tersebut dan berharap ilmu yang diberikan dan pastinya bermanfaat seperti harapan BSMI. ” Kami paham bahwa Gaza memang sulit secara akses teknologi kedokteran dan pelatihan itu insya Allah manfaat” ujar Prof Ghufron.

BSMI menyampaikan kebutuhan obat yang diminta Depkes Palestina di Gaza dan Kemkes siap mensupport sesuai ketersediaan instansinya. ” Daftar ini kami terima dan kami teruskan ke Unit kami selanjutnya kita terus koordinasi” pungkas Wamenkes. (Dul)

 

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: