Bulan Sabit Merah Indonesia

Untuk Kemanusiaan dan Perdamaian

BSMI Tetap Fokus Bantu Pasien Gakin

Gambar

BSMI memiliki Program Klinik Keluarga Miskin yang bersinergi dengan ZISKES BSMI. Adapun bentuknya adalah pemdampingan operasi bedah di Rumah Sakit, pemberian bantuan sosial pengobatan hingga BSMI menjadi operator sendiri dalam memberikan tindakan medis seperti membantu persalinan dengan SDM Relawan BSMI, operasi patah tulang, Katarak, khitan murah dan khitan gratis untuk mualaf dan operasi bedah lainnya.

Pada tanggal 7 Desember 2012 telah dilaksanakan kunjungan pada pasien gakin penerima bantuan dari BSMI sebesar Rp 700.000,- yaitu bapak Budiono yang beralamat di Mampang, Jakarta Selatan. Kunjungan ini dilakukan oleh peserta Latsar yaitu Elam Sanurihim Ayatuna dan Fanuva Endang Tri Setyaningsih. Kunjungan ini dilaksanakan setelah berakhirnya sholat Jum’at dengan minibus sebagai alat transportasi dan kemudian dilanjutkan dengan ojek. Sesampai dirumah kontrakan Bapak Budiono, kami disambut oleh adik dan anak beliau.

 Kondisi bapak Budiono terlihat lemas, aktivitas sehari-hari hanyalah tirah baring. Bapak Budiono menuturkan bahwa beliau terlalu lemas untuk sekedar berdiri atau jalan. Dengan aktivitas bapak Budiono yang hanya tirah baring saja, membuat Bapak Budiono beresiko mendapat luka dekubitus, akan tetapi hal ini tidak terkaji lebih lanjut sehingga hanya dapat menyarankan untuk merubah posisi bapak Budiono setiap 2 jam sekali. Selain itu terlihat pula tangan kurus bapak Budiono yang mulai terlihat kontraktur, tangan kanan terlihat menekuk dan terlihat agak susah digerakkan. Terlihat pula muka bapak Budiono pucat, tubuh kurus dan menyusut. Bapak Budiono dan adiknya mengatakan bahwa sudah lama tidak mendapat asupan cairan mapun nutrisi yang cukup yang dikarenakan minuman atau makanan cair yang masuk pasti akan selalu dimuntahkan kembali. Hal ini menyebabkan turgor kulit buruk Bapak Budiono buruk.

 Pada kunjungan ini, keluarga juga menceritakan bahwa setelah keluar dari RS Budi Asih ke RSCM untuk tindakan pemeriksaan memerlukan surat rujukan sehingga keluarga mengalami kesulitan untuk mendapatkan rujukan setiap kali akan melakukan pemeriksaan. Keluarga juga menunjukkan hasil rontgen thorax dan abdomen bapak Budiono, akan tetapi karena keterbatasan kemampuan kami sehingga tidak dapat menafsirkan hasil rontgen tersebut. Keluarga sendiri mengaku tidak mengerti arti hasil rontgen itu, hanya dokter mengatakan kemungkinan ada massa pada abdomen (perut) bapak Budiono. (Elam)

Single Post Navigation

2 thoughts on “BSMI Tetap Fokus Bantu Pasien Gakin

  1. syefriani darnis on said:

    rekening bsmi untuk program gakin ini adakah? nuhun ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: