Bulan Sabit Merah Indonesia

Untuk Kemanusiaan dan Perdamaian

Strategi Bantuan Tepat Guna BSMI untuk Palestina

Gambar

BSMI – Jakarta. Sejak 27/11 lalu, perwakilan Bulan Sabit Merah Indonesia, berangkat ke Gaza membawa misi kemanusiaan. Menggunakan pola dua gelombang keberangkatan tim kemanusiaan, yang berangkat pada selasa dini hari  kemarin adalah Ketua Umum BSMI, Muhammad Djazuli Ambari S.KM, M.Si dan Lucky Pransiska – seorang relawan media. Bersama dengan keberangkatan mereka, donasi masyarakat disalurkan dalam bentuk alat kesehatan dan obat-obatan sneilai USD 60.000. Akan menyusul pada keberangkatan berikutnya adalah dokter-dokter spesialis, tambahan alat-alat kesehatan serta obat-obatan.

Menurut Dewan Pembina BSMI, dr. Basuki Supartono Sp.OT, FICS, MARS,  strategi alat kesehatan adalah strategi tepat guna. Bendahara Umum BSMI, dr. Prita Kusumaningsih Sp.OG menambahkan, “lewat surel, kami menerima lembar permohonan kebutuhan alat-alat kesehatan yang berasal dari RS Shifa, Gaza. Berdasarkan daftar kebutuhan tersebut, donasi masyarakat yang disalurkan melalui kami digunakan untuk membeli alat kesehatan dan obat-obatan”.
Adapun alat-alat kesehatan yang dimaksud, antara lain: orthopedic surgery kits, orienail tibe nail instrument set, pneumatic tourniquet set & unilateral external fixator, femoral – reconstruuctin – and gamma set. Alat-alat tersebut merupakan alat bedah orthopedi. Mengingat bahwa paska serangan Israel 14/11 silam, korban trauma orthopedi mendominasi kasus korban,bantuan ini diharapkan menjadi bantuan berjangka panjang dan memenuhi sebagian kebutuhan riil di Gaza. ”Yang kita gunakan ini dana ummat. Pengiriman pertama yang hanya terdiri dari dua orang dan pola dua gelombang keberangkatan ini demi menghemat dana agar lebih bermanfaat dan efektif . Bantuan pun dimaksimalkan tepat guna.” tutup dr. Basuki. (ziy)

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: