Bulan Sabit Merah Indonesia

Untuk Kemanusiaan dan Perdamaian

IRISAN SEJARAH BULAN SABIT MERAH (internasional) DI INDONESIA

FAKTA KEPEDULIAN SURIAH KEPADA INDONESIA:

21 Juli 1947
Agresi Militer I Belanda terhadap Indonesia di tengah-tengah Bulan Ramadhan. Rakyat Suriah menggalang solidaritas untuk Indonesia. Dari Masjid-masjid di Damaskus, Aleppo,Hama dan Homs doa qunut nazilah dibacakan utk kehancuran Belanda dan kemenangan Indonesia. Sholat ghoib diselenggarakan di penjuru Suriah sebagaimana anjuran Kementerian Waqaf untuk mendoakan syuhada di Indonesia. Para khatib Jumat menyeru rakyat Suriah untuk mengumpulkan harta mereka untuk membantu perjuangan bangsa Indonesia.

6 September 1947
Di tengah-tengah agresi militer Belanda 1, Bulan Sabit Merah Mesir dengan dukungan Bulan Sabit Merah Suriah mengirimkan misi medis ke Indoneia yang terdiri dari 3 dokter dan lebih dari 2 ton obat-obatan dan pakaian untuk warga Indonesia korban agresi militer Belanda.

20 September 1948
Paska agresi Militer Belanda kedua yang berhasil menduduki Ibukota Yogyakarta, Rakyat Suriah mendesak pemerintahnya menutup bandara2 di Damaskus dan Aleppo agar tidak bisa digunakan oleh pesawat-pesawat militer Belanda yang akan mengirim amunisi dan tentara ke Indonesia. Para khatib Jumat kembali membacakan qunut dan menggalang dana untuk membantu rakyat Indonesia.
(M. Zein Hassan Lc. Lt. 1980. Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri: Perjoangan Pemuda/Mahasiswa Indonesia di Timur Tengah. Jakarta: Penerbit Bulan Bintang. Hlm 239, hlm 2
52, hlm 247, hlm 249)

KINI..
HINGGA Agustus 2012
Suriah membara, 19.000 korban tewas, Sekitar 500.000 lebih pengungsi Suriah yang masih terkurung di dalam Suriah termasuk 11.000 lebih TKI asal Indonesia, 590.000 lebih pengungsi dari Palestina, Somalia, Irak, dan Afghanistan yang ada di dalam Suriah, dan ada lebih dari 300.000 pengungsi tersebar di negara sekitarnya. Data UNHCR memperkirakan total pengungsi akibat serangan militer Bashar Asshad berjumlah 2 JUTA pengungsi.

AKANKAH KITA DIAM SAJA?! Ayo bantu Suriah!!

INVESTASI KEMANUSIAAN
BSM NO.REK. 116 0033 568
BNI SYARIAH NO.REK. 260 260 007
a/n Bulan Sabit Merah Indonesia

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: