Bulan Sabit Merah Indonesia

Untuk Kemanusiaan dan Perdamaian

Seminar Pembiayaan Penanggulangan Bencana

BSMI.OR.ID ; (Jakarta) Sebagai negara yang dikenal dengan keramahan, ketenangan, kenyamanan dan keamanannya, Indonesia banyak mengalami musibah bencana baik yang disebabkan oleh alam maupun human error. Musibah dan bencana tersebut datang secara beruntun, mulai dari ujung barat hingga timur Indonesia. Seperti gempa dan tsunami yang terjadi di Nangroe Aceh Darussalam, Nias Sumatera Utara, banjir rutin dan longsor sampah di DKI Jakarta, tsunami di Pangandaran, banjir bandang dan tanah longsor di Banjarnegara, gempa di Yogyakarta, tanah longsor dan banjir bandang di Kab. Sinjai Sulawesi Selatan, banjir bandang dan tanah longsor di Manggarai NTT, banjir bandang di Wasior Kab. Wondama Papua Barat, serta musibah dan tragedi kemanusiaan lainnya.

Musibah dan bencana yang terjadi tentu saja sangat mengiris rasa kemanusiaan kita. Tanggungjawab atas musibah dan bencana itu tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah Indonesia, akan tetapi menjadi tanggung jawab kita semua sebagai anak bangsa untuk membantu saudara-saudara yang terkena musibah dan bencana. Visi, misi, profesionalitas dan sistem penanganan bencana yang terstandarisasi dan niat yang ikhlas menjadi tolak ukur keberhasilan dalam penanganan bencana.

Musibah yang tidak dapat diprediksi kejadiannya ini tidak saja membutuhkan penanganan yang tepat saat bencana telah terjadi. Dibutuhkan pula persiapan untuk mengantisipasi dan meminimalisir dampak yang mungkin terjadi saat bencana. Selain itu, dibutuhkan penataan kembali keadaan paska bencana. Hal ini tidak dapat serta merta diwujudkan, melainkan perlunya kesiapan relawan dan masyarakat untuk berkontribusi dalam manajemen bencana.

Atas dasar itulah, Bulan Sabit Merah Indonesia bermaksud mengadakan Program Seminar Nasional tentang Manajemen Bencana dengan harapan penanggulangan bencana dapat dilakukan secara efektif dan efisien dan berjalan sesuai dengan target yang diharapkan.

Panitia Seminar Nasional Manajemen Bencana, Syekh Abdul Qodir S.Sos, mengungkapkan kegiatan ini diselenggarakan dalam tiga kegiatan seminar nasional. Pertama adalah Penanggulangan Bencana yang telah dilaksanakan pada 7 Juli 2012 lalu di Aula Gedung BNN Lt. 7. Kedua, Pembiayaan Bencana, yang saat ini sedang berlangsung di Wisma Tanah Air, Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur. Dan seminar yang ketiga adalah Sosialisasi Bencana yang akan dilaksanakan pada 24 November 2012 mendatang di Wisma Tanah Air, Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur.

“Seminar Pembiayaan Bencana kali ini akan membahas tentang Strategi Fundraising dengan narasumber Ir Abdul Gafar (Koordinator Regional I BSMI), Kemitraan dengan narasumber M Nasir (Dana Kemanusiaan Kompas), dan Coorporate Social Responsibility dengan narasumber Ryan B Wurjantoro (Kepala Subdinas Pengembangan Masyarakat, Dinas Humas dan Hubungan Kelembangan BP Migas)”, ujarnya.

Seminar ini, lanjut Syekh, sekaligus merupakan bagian dari kurikulum Pelatihan Dasar Relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) yang berlangsung sejak 19 Mei 2012 lalu hingga 8 Desember 2012 mendatang

Dengan mengangkat tema Kecepatan, Ketepatan dan Profesionalisme dalam Penanggulangan Bencana Melalui Sinergi Antar Lembaga dan Pemerintah, tambahnya, seminar ini diha
rapkan dapat menjadi wadah terbangunnya
konsolidasi dan koordinasi antara BSMI, lembaga/institusi sosial kemanusiaan dan pemerintah Indonesia untuk sharing penanggulangan bencana. Selain itu, untukmenyatukan visi, misi, dan tujuan dalam pembiayaan bencana baik yang bersifat lokal, nasional maupun internasional. Serta memberikan solusi secara comprehensive dalam penanganan bencana baik yang bersifat lokal, nasional dan internasional.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: