Bulan Sabit Merah Indonesia

Untuk Kemanusiaan dan Perdamaian

First Aid Course

BSMI.OR.ID ; (Jakarta) Pekan ke 9 Pelatihan Dasar Relawan Tahun 2012 yang diselenggarakan oleh BSMI masuk kedalam materi RJP (Resusitasi Jantung Paru). RJP merupakan tindakan pertolongan pada kegawadaruratan terutama pada korban yang tidak sadarkan diri dengan metode C-A-B.

Cek respon merupakan tahap awal mengetes indikasi hidup korban dengan memanggil, menepuk atau mencubit. Jika langkah tersebut tidak berhasil maka selanjutnya cek denyut nadi menjadi yang prioritas yaitu nadi di sekitar leher. Nadi tidak ada maka tindakan Compress (pompa/tekan) di pusat dada/atas jantung terus dilakukan hingga 100 kali atau 30 menit hingga respon tubuh korban muncul. Memompa pun dengan posisi punggung dan tangan yang tegak lurus, satu tangan ditumpuk diatas tangan yang lain dan menekan dengan aba-aba hitungan dari seorang Rescuer.

Indikasi nadi muncul dengan adanya denyut maka selanjutnya adalah mengecek pernafasan (A=Airways), baik itu mendongakan kepala korban dengan teknik khusus atau membuka rahang korban dengan teknik khusus. Saluran nafas yang terganggu maka pertolongan pertama adalah memberikan nafas buatan (Breath) dengan menutup hidung korban , meniup mulut sambil memperhatikan dada yang mengembang jika ditiup.

Tehnik CAB merupakan tehnik terbaru sejak 2010 dimana sebelumnya ABC, hingga Asosiasi Spesialis Jantung di Amerika menetapkan petunjuk terbaru untuk kegawatdaruratan korban tidak sadar dengan indikasi denyut jantung/nadi tidak ada yang prinsip utama adalah terus memompa dada jantung korban hingga respon timbul.

Peserta Latsar juga diajarkan bagaimana mengevakuasi korban kecelakaan dari posisi tertentu, lalu ada juga memposisikan korban khusus ibu hamil untuk di berikan pertolongan gawatdarurat, juga kasus-kasus khusus seperti kesurupan, epilepsi, dan membantu korban tersedak yang mengganggu jalan nafas. Tidak lupa juga pertolongan RJP untuk bayi juga diberikan. (Dul)

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: