Bulan Sabit Merah Indonesia

Untuk Kemanusiaan dan Perdamaian

Semarak Pembukaan Pameran Foto Palestina di Samarinda-Kaltim

Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) memiliki program tematik Gaza Perkasa, seluruh Indonesia dalam bentuk beasiswa pendidikan dokter spesialis kepada dokter Warga Negara Palestina yang disekolahkan di tanah air Indonesia. Harapannya, spesialisasi ilmu yang diperoleh dapat direalisasikan bagi pengembangan kesehatan yang dibutuhkan di negara mereka Palestina.

BSMI Samarinda juga mengadakan Opening Ceremony “Dari Benua Etam untuk Gaza Palestina” yang diadakan di Lantai 2 Mall Plaza Mulia Samarinda, Minggu (20/11/2011).

Menurut Wakil Ketua Panitia Acara, Sylvia Gusrina, acara ini terdiri dari Roadshow Pameran Foto dan Galang Dana Beasiswa Palestina. Masih dihari dan tempat yang sama juga diadakan talk show “Kepalestinaan”. Menurutnya, keseluruhan hingga 10 dokter bisa tiba di Indonesia memakan waktu 2 tahun.

“Selain topiknya yang menarik karena sudah menjadi perhatian dunia.Kita juga menghadirkan langsung dua dari sepuluh dokter Palestina yang mendapat beasiswa pendidikan dokter spesialis di Indonesia sebagai pemateri. Perizinan untuk membawa 10 dokter Palestina ke Indonesia ternyata sangat panjang waktunya. Dua tahun yang lalu tim mulai mengumpulkan dokter, izin ke Dinas Kesehatan disana yang menghabiskan waktu beberapa bulan, izin perbatasan yang juga lama, selanjutnya perizinan di Indonesia, semuanya 2 tahun,” kata Gusrina.

Adapun kedua dokter tersebut adalah dr. Amin A.A. Alnawajha dan Mohammad Shabat serta 2 orang pemateri lainnya, Ketua Umum BSMI Pusat Muhammad Djazuli Ambari dan Ketua MUI Samarinda K.H. Zaini Naim.

Kepedulian terhadap kondisi bangsa Palestina juga dilakukan di Kota Samarinda. Minggu (20/11) kemarin, dengan menggelar kegiatan semarak “Gaza Perkasa” di Plaza Mulia yang dimotori Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Pusat.
Berbagai kegiatan dilakukan sebagai dukungan terhadap perjuangan dan upaya menolong penderitaan warga Palestina. Di antaranya, penggalangan dana donor darah. Selain itu, ada pula teaterikal, pemutaran film dokumenter, akustik hingga pelayanan dan kesehatan.
Koordinator kegiatan, Yunita menjelaskan, puncak dari semua rangkaian acara tersebut adalah lelang amal yang dirangkai dengan pameran foto dan talkshow live yang menghadirkan Ketua MUI Kota Samarinda, KH Zaini Naim, serta beberapa narasumber lainnya.
“Acara ini seharian penuh dan bentuk kepedulian kami terhadap penderitaan masyarakat Palestina. Kita berharap dengan kegiatan ini juga mampu menarik simpatik masyarakat Samarinda,” terangnya.
Menurut Yunita, seluruh keunutungan yang didapatkan dari lelang amal tersebut akan disumbangkan dan untuk membantu menjalankan sisi kemanusiaan organisasi internasional BSMI dalam misinya ke tanah “Palestin.”
“Kegiatan ini sudah menjadi rangkaian dan agenda rutin kami. Kami sangat berharap dapat membantu misi kemanusiaan yang dijalankan BSMI untuk warga Palestina dan sejumlah kelompok masyarakat yang memeperlukan pertolongan,” pungkasnya.
Acara ini sendiri dimulai sejak pukul 10.00 Wita hingga pukul 20.30 Wita di lantai 1 Plaza Mulia, dengan mengambil tema; “Partisipasi anda, Selamatkn 1 jiwa, Sambung 1.000 Asa” . (Sumber: Tribunnews.com dan ara/Samarinda Pos Online)

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: