Bulan Sabit Merah Indonesia

Untuk Kemanusiaan dan Perdamaian

Jelang Munas 2011: Dari operasi bedah hingga Sepeda Gembira

(Yogyakarta) – Jelang perhelatan akbar Musyawarah Nasional dan Musyawarah Kerja Nasional Bulan Sabit Merah Indonesia (Munas Mukernas BSMI) 22-24 Juli 2011 kesibukan panitia BSMI Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) semakin bertambah intensitasnya. Munas yang mengambil tema konsolidasi Relawan dan pengukuhan organisasi menuju pelayanan yang lebih baik akan berlangsung di Yogyakarta. Segudang rangkaian kegiatan acara pun dipersiapkan dan mengedepankan partisipasi masyarakat sehingga kemanfaatan BSMI benar-benar dirasakan.

Sebulan sebelum inti munas mukernas diadakan, Klinik BSMI untuk korban Merapi di Desa Glagaharjo Kecamatan Cangkringan Sleman mulai 27 Juni acara pengobatan massal dan khitanan massal mulai ditabuhkan genderangnya. Klinik BSMI Glagaharjo yang pelatakan batu pertamanya diresmikan Wakil Bupati Sleman merupakan upaya rehabilitasi pasca bencana Merapi oleh BSMI dan mengutamakan pemberdayaaan masyarakat lokal dalam bidang Kesehatan. BSMI membantu Pemerintah mengisi kekosongan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat dikantong-kantong eks pengungsi yang membutuhkan, dimana fasilitas yang memadai belum tersedia. Di Klinik tersebut khitanan akan diadakan secara marathon dengan target 80 anak. BSMI DIY memberikan pelatihan sirkumsisi bagi tenaga medis dari Yogyakarta yang outputnya berkontribusi membantu mensukseskan pelaksanaan khitanan massal dan alhamdulillah sebanyak 51 peserta pelatihan berkomitmen pada akhir acara pelatihan di Gedung Radiopoetro FK UGM. Pengobatan massal pun BSMI memberikan bonus pelayanan USG bagi ibu-ibu hamil selain pelayanan kesehatan umum. Baksos USG itu berlangsung di klinik yang sama (24 Juli,Glagaharjo).

2 pekan berikut Pameran Foto Gaza Perkasa sedianya akan di adakan di Kota yogyakarta. Fakta kehidupan warga Palestina di Gaza dari sebuah jepretan foto merupakan upaya BSMI mengenalkan kehidupan warga negeri seberang yang nun jauh sebagai bangsa yang terjajah. Perbedaan nasib bangsa antara Indonesia dan Palestina inilah yang menjadi instropeksi solidaritas dunia, Palestina menghadapi ancaman Penjajah, Indonesia menghadapi ancaman masalah kesehatan dan keterpurukan ekonomi serta pendidikan. Hasil karya foto merupakan bidikan lensa Relawan BSMI (juga pewarta foto ANTARA) yang bersama menembus Gaza-Palestina di tahun 2010.

BSMI hendak berperan dalam Sistim Jaminan Sosial yang produk undang-undangnya sudah ada yaitu UU no.40 tahun 2004 namun masih belum berjalan secara riil, oleh karenanya BSMI mencoba memediasi dengan menggelar simposium nasional yang bertajuk “Jaminan Sosial bagi Rakyat Indonesia”. Para stakeholder SJSN pun akan didatangkan mulai dari menteri, anggota dewan hingga praktisi dan ilmuwan terkemuka yang berkompeten. Kegiatan simposium diadakan pada hari yang sama dengan pembukaan Munas Mukernas.

Upaya Go Green yaitu bagaimana menciptakan lingkungan yang ramah dengan gerakan bersepeda sebagai upaya mengurangi polusi BSMI pun ingin ambil bagian. “Sepeda Sehat gembira” merupakan inovasi BSMI dalam rangka menyemarakkan Munas Mukernas BSMI sedianya mentargetkan 5000 peserta. hadiah menarik pun disiapkan, maka masyarakat Yogya dapat mengambil kesempatan yang jarang tersebut dengan semangat gembira dan kebahagiaan akan tersalurkan dari dan oleh BSMI kepada masyarakat.

Terakhir adalah operasi katarak bagi korban Merapi dan Umum di wilayah sekitar Yogyakarta dan Klaten. Sebagai persiapan pelaksanaan teknis BSMI DIY menandatangani Memorandum of understanding (MOu) dengan RS Akademik UGM. Operasi Katarak merupakan operasi bedah yang mahal bagi golongan tidak mampu, oleh karenanya BSMI dengan misinya yaitu memberikan pelayanan terbaik bagi kemanusiaan dan perdamaian serta menjalin kerjasama dengan lembaga kemanusiaan dan lembaga lain ditingkat nasional regional dan internasional. Pelaksanaan operasi katarak juga diadakan di PPKR (Pusat Pelayanan Kesehatan dan Rehabilitasi) Klaten yang juga sebagai unit pelaksana teknis BSMI Pusat. (Dul)

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: